"Selamat Datang"
"Sebuah Perjalanan Hidup yang penuh inspirasi, yang Kurenungkan"

Jumat, 01 April 2011

Pengenalan Aplikasi Sistem Pakar (Sistem Perbasis Pengetahuan)

Kecerdasan buatan adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan suatu kegiatan. Alat tersebut tidak lain adalah komputer. Salah satu diantar aplikasi kecerdasan buatan tersebut yaitu Sistem Pakar. Dari istilah Sistem Pakar dapat kita ambil dua kata yaitu sistem dan pakar.  Sistem adalah beberapa elemen yang di tekankan adalah efektifitas(untuk mencapai suatu tujuan). Pakar adalah seseorang yang ahli pada suatu bidang. banyak sekali definisi Sistem Pakar diantaranya :
  • Sistem Pakar adalah Sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli yang bersangkutan.
  • Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer berisi pengetahuan yang disimpan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam suatu bidang spesifik dengan cara hampir sama dengan  seorang tenaga ahli. Pengetahuan datang dari satu rangkaian percakapan yang lalu di kembangkan  dari  beberapa tenaga ahli suatu sistem.. Sistem tersebut menerima pengetahuan yang berisi suatu masalah dari seorang pengguna.
  • Sistem Pakar adalah hasil akhir dari seorang Sarjana Science. Untuk membangun suatu sistem yang dapat memecahkan permasalahan yang sudah ditentukan, seorang sarjana akan memulai dengan membaca  literatur terkait dengan permasalahan Sebagai pondasi sistem itu. Seorang sarjana pengetahuan kemudian melakukan wawancara ekslusif dengan satu atau lebih tenaga ahli untuk "memperoleh" pengetahuan mereka. yang akhirnya, sarjana  pengetahuan tersebut mengorganisir hasil wawancara dan menterjemahkan ke dalam perangkat lunak komputer yang dapat digunakan oleh seseorang yang sama sekali tidak memiliki suatu keahlian.
  • Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer yang dirancang untuk memberikan  pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu bidang. Sistem Pakar terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi, heuristik, dll.), mesin  kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan), dan alat penghubung (input dan output). Cara yang memimpin ke arah pengembangan Sistem Pakar adalah berbeda dari teknik programan konvensional.
  • Sistem pakar ialah sistem yang mewakilkan pengetahuan manusia dalam bentuk program komputer dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam penyelesaian masalah; mensimulasikan bagaimana pakar menyelesaikan masalah.
  • Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang menggabungkan basis pengetahuan (knowledge base) dengan mesin inferensi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa suatu aturan yang diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada bidang keahlian tertentu. Berdasarkan basis pengetahuan yang ada, digunakan mesin inferensi untuk mengenerate solusi terhadap domain permasalahan yang akan dipecahkan.
Tabel perbedaan perangkat lunak Sistem Pakar dengan perangkat lunak konvensional

Perangkat Lunak Konvensional

Perangkat Lunak Sistem Pakar

Menyajikan dan menggunakan data
Menyajikan dan menggunakan pengetahuan
Bersifat algoritmik
Bersifat Heuristik
Proses Repetitif
Proses Inferensi
Memanipulasi secara efektif basis data
Memanipulasi secara efektif basis pengetahuan
Berorientasi pada pengolahan numerik
Berorientasi pada pengolahan simbolik
Memerlukan semua data input, boleh tidak berfungsi jika data tidak lengkap.
Tidak memelukan keseluruhan fakta. Boleh membuat kesimpulan dengan fakta tidak lengkap
Sistem Pakar merupakan  sebuah perangkat lunak komputer yang cerdas (memiliki pengetahuan dan informasi) yang digunakan untuk pemahan suatu masalah.
Konsep untuk pengembangan sistem  pakar datang dari pokok materi bidang kecerdasan buatan, dan memerlukan suatu titik awal dari praktek teknik komputasi konvensional. Suatu perangkat lunak konvensional terdiri dari suatu proses algorithma untuk menjangkau suatu hasil spesifik. perangkat lunak kecerdasan buatan  terdiri dari suatu dasar pengetahuan dan suatu prosedur untuk menyimpulkan/menduga suatu jawaban. Sistem Pakar  mampu untuk mengirimkan informasi kwantitatif, banyak yang  telah dikembangkan dari riset terapan dan dasar (ambang pintu ekonomi, model pengembangan panen, populasi hama model) seperti halnya heuristik untuk menginterpretasikan nilai mutu, atau untuk pengganti informasi kwantitatif. Corak yang lain  adalah yang sistem ini  dapat menunjuk data yang tidak sempurna dan tidak tepat/tidak jelas sampai akhirnya dapat menilai ke kesimpulan dari data tersebut.
Tujuan Sistem Pakar

Tujuan pengembangan Sistem Pakar adalah :
  1. Mempermudah kerja tenaga ahli
  2. Mengganti tenaga ahli
  3. Menggabungkan kempampuan tenaga ahli
  4. Training tenaga ahli
  5. Mengurangi resiko pada pekerjaan yang berbahaya
  6. Menyediakan ahli pada bidang pekerjaan “kering”

Komponen Sistem  Pakar

Komponen dalam Sistem Pakar meliputi :
  1. Ahli sebagai sumber pengetahuan
  2. Basis pengetahuan
  3. Mesin informasi
  4. Fasilitas pengetahuan dan justifikasi

Semua Sistem Pakar terdiri dari sebuah alat penghubung(input dan output), suatu database, suatu dasar pengetahuan, dan suatu mekanisme kesimpulan. Lebih dari itu, pengembangan Sistem Pakar pada umumnya berproses melalui beberapa tahap yang mencakup pemilihan masalah, didapatnya pengetahuan, penyajian pengetahuan, programming, evaluasi dan pengujian.
Bagian dari  Sistem Pakar yang menarik adalah kemampuan perangkat lunak untuk meninjau ulang suatu konsultasi dan menyediakan suatu penjelasan kepada pemakai bagaimana caranya memperoleh kesimpulan. Fungsi penjelasan yang sangat utama adalah suatu catatan yang  menyangkut proses pemikiran yang digunakan oleh tenaga ahli untuk memecahkan masalah itu. Sistem Pakar menyediakan suatu pemahaman yang lebih baik bagaimana kesimpulan dicapai sehingga kepercayaan pemakai akan lebih besar dalam  mengambil kesimpulan menggunakan Sistem Pakar. Akumulasi fakta akan diperkenalkan  ketika suatu penjelasan diminta. Biasanya penjelasan yang diminta yaitu bagian dari perangkat lunak atau bagian luar dari pengembangan.
Tools perangkat lunak yang dikembangkan memberikan keleluasaan pada perekayasa pengetahuan untuk memasukkan himpunan aturan pada basis pengetahuan, dan diperolehnya suatu solusi berdasarkan basis pengetahuan yang ada. Sehingga Tools Sistem Pakar yang dibuat dalam penelitian ini dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam domain permasalahan.
Mesin informasi di atas merupakan mesin yang dapat berpikir dengan cermat dan tepat untuk pencapaian suatu keputusan yang diambil melalui pengetahuan, yakni komputer. Jadi Sistem Pakar dapat kita definisikan sebagai suatu sistem perangkat lunak yang menggunakan ilmu, fakta dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga kerja ahli dalam bidang yang bersangkutan. Ahli disini melakukan pemindahan ilmu pengetahuan(akuisisi ilmu pengetahuan) yang dia miliki kepada suatu sistem yang di berada pada sebuah perangkat lunak komputer. Sistem Pakar ini sudah banyak di gunakan untuk membantu manusia dalam bidang manajerial.
informasi pada bidang manajerial
Kategori sistem pakar
   
    Beberapa kategori dari Sistem Pakar adalah :
  1. Interpretasi – penganalisisan data untuk menjelaskan suatu data.
    Contoh: DENDRAL
  2. Diagnosis – proses mendiagnosis sesuatu (pendeteksian penyakit untuk makhluk hidup) berdasarkan data.
    Contoh : MYCIN
  3. Pemantauan – secara terus menerus menginterpretasi isyarat(signal) dan bertindak jika intervensi diperlukan.
    Contoh VM – pemantauan pesakit dengan menggunakan alat pernafasan khas.(common-sense).
  4. Ramalan – membuat ramalan masa hadapan berdasarkan model lepas atau sedia ada
    Contoh:sistem dalam peramalan saham
  5. Perancangan (planning) – satu program tindakan yang dilakukan untuk mencapai keputusan
    Contoh: perancangan dalam genetik molekul
  6. Reka bentuk – penghasilan spesifikasi untuk membina objek yang memenuhi keperluan tertentu.
    Contoh: rekabentuk digital circuit
Aplikasi Sistem Pakar di bidang Manajerial
  1. Analisis
    • Interpretasi
      • Analisa pasar untuk komoditi tertentu
      • Identifikasi media iklan yang sesuai
      • Identifikasi kebutuhan pelatihan
    • Diagnostik
      • Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan
  2. Sintesa
    • Penarikan tenaga kerja
    • Strategi penentuan harga
    • Strategi pengembangan produk
  3. Integrasi
    • Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek
       
Salah satu bagian dari  Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat  sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan meberikan beberapa faktor yang berhubungan  dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini meningkatkan kepercayaan para pemakai didalam memecahkan masalah menggunakan Sistem Pakar.

Pengetahuan di dalam Sistem Pakar

Pengetahuan yang  digunakan untuk memecahkan suatu masalah harus dipaparkan sehingga dapat digunakan untuk menuliskan kode ke dalam komputer dan kemudian dapat dilakukan  pengambilan keputusan oleh Sistem Pakar. Ada berbagai metoda formal untuk mewakili pengetahuan dan pada umumnya karakteristik dari suatu masalah tertentu akan menentukan teknik penyajian yang sesuai mempekerjakan.
Dasar pengetahuan salah satunya didapatkan dari  aturan produksi perusahaan. Aturan ini terdiri dari suatu pendapat atau kondisi yang diikuti oleh suatu kesimpulan atau tindakan(contoh : IF kondisi THEN tindakan). Aturan produksi mengijinkan hubungan dasar pengetahuan untuk dipecahkan ke dalam unit yang dapat dikendalikan. Suatu dasar pengetahuan yang terdiri dari ratusan atau beribu-ribu aturan dapat menyebabkan suatu masalah dengan organisasi dan manajemen  aturan itu. Pengaturan visualisasi dan aturan saling behubungan, mereka dapat dipenuhi sampai jaringan ketergantungan.
Sepanjang konsultasi aturan dasar, dikemukakan  kondisi-kondisi yang dapat memuaskan  pemakai. Operasi ini dilakukan oleh mesin pengambil  kesimpulan. Suatu ketika semua kondisi-kondisi ( yaitu. IF bagian-bagian dari aturan) dari suatu aturan sesuai, aturan dieksekusi dan kesimpulan yang sesuai ditarik. Berdasarkan  Atas kesimpulan dan fakta yang diperoleh selama konsultasi, mekanisme kesimpulan menentukan pertanyaan yang (mana)  akan ditanyakan dan di pesan apa yang ditampilkan. Ada berbagai metoda inferencing tersedia untuk melaksanakan tugas pencarian, menyesuaikan, dan eksekusi. Suatu karakteristik Sistem Pakar yang berbeda dari perangkat lunak konvensional adalah kemampuan mereka untuk memperbaiki kekurangan atau kesalahan data.
Dalam sepuluh tahun terakhir, perangkat lunak komputer berbasis kecerdasan buatan yang disebut Sistem Pakar sudah menerima banyak perhatian. Karena perangkat lunak ini sudah banyak di gunakan untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan didalam suatu bidang. Contohnya  meliputi sistem komputer disain, perbaikan lokomotif, dan cloning gen.
Pada jaman sekarang ini perangkat lunak komputer yang paling sering digunakan adalah suatu Sistem Pakar yang memiliki friendly user interface. Interface ini tidak membuat kerja sistem itu menjadi lambat, tetapi dapat memungkinkan user yang tidak memiliki pengalaman  untuk mengetahui permasalahan, pemecahan dan dapat menarik kesimpulan dari sistem itu.
Model Sistem Pakar
model sistem pakar
Membuat Sistem Pakar lebih mudah digunakan

Ya atau tidaknya sebuah Sistem Pakar mencapai sukses mungkin ditentukan oleh sifat alami alat penghubung pemakainya. Ini adalah bagian dari  Sistem Pakar yang saling berhubungan dengan pemakai. Bahkan Sistem Pakar yang paling kuat tidak akan diterapkan jika sistem itu memerlukan terlalu banyak usaha pada pihak pemakai. Oleh sebab itu, penting untuk membuat komputer semudah mungkin untuk dipakai oleh pemakai ketika  beroperasi. Hampir semua perangkat lunak pengembangan modern menawarkan kapasitas yang saling berhubungan antara sistem grafik dan teks.

Semoga posting ini bermanfaat.

sumber navas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"~~Terima Kasih Atas Kunjungan Anda~~ "